UI Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat Kebangsaan


PSAU 2015BPUI ,Universitas Indonesia menyambut mahasiswa-mahasiswa baru angkatan 2015 di acara pembukaan Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) yang berlangsung di Balairung UI, Selasa (18/8/2015). PSAU adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada nilai-nilai dan lingkungan kampus UI. PSAU di UI berlangsung dari tanggal 18 Agustus sampai dengan 5 September 2015 dan diikuti seluruh mahasiswa baru dari seluruh program di UI baik kelas reguler, paralel, internasional maupun vokasi.
Dengan tema besar “Cinta UI”, PSAU UI berusaha menyebarkan semangat kebangsaan melalui berbagai kegiatan, di antaranya upacara peringatan proklamasi kemerdekaan, penampilan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), program cinta kampus, dan Orientasi Kegiatan Kampus (OKK). Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa baru diajak untuk mengenal UI sekaligus memiliki visi perubahan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.
Dalam rangkaian kegiatan PSAU, UI mengundang alumni-alumni UI yang kesuksesannya dianggap dapat menginspirasi mahasiswa untuk membangun bangsa. Salah satunya adalah Chairul Tanjung yang hadir dalam pembukaan PSAU. Chairul Tanjung merupakan alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI yang sukses berkiprah di dunia bisnis dengan mendirikan CT Corp.
Dalam pemaparannya, ia mengatakan ada tiga kunci utama yang bisa dilakukan mahasiswa bila ingin mencapai kesuksesan. Ia mengatakan, yang utama adalah terus belajar dan menjadi pintar. Kepintaran dibuktikan tidak hanya dengan nilai akademik yang baik, tetapi juga dengan daya analitis yang bagus.
Namun, ini saja tidak cukup. “Tidak ada kesuksesan datang hanya karena Anda pintar,” ujarnya. Setelah belajar, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melatih kemampuan memimpin dengan mengikuti kegiatan organisasi di tingkat fakultas maupun universitas.
Terakhir, ia menekankan kepada mahasiswa untuk mulai menghasilkan sesuatu dari usaha sendiri. Menurutnya, hal ini tidak harus dicapai dengan menjadi pengusaha. Yang terpenting adalah menggunakan daya kreativitas untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu dengan usaha sendiri. Dengan begitu, mahasiswa akan belajar untuk mempercayai diri sendiri dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup.

Penulis: Wanda Ayu
Sumber : ui.co.id