Kelas Khusus Internasional

BPUI ,Salah satu tantangan globalisasi adalah masuknya dokter asing ke Indonesia secara bebas. Untuk menjawab tantangan tersebut, pendirian Kelas Khusus Internasional (KKI) menjadi solusi penting yang dilakukan FKUI.
Program KKI dirancang untuk mencetak dokter yang mampu berkompetisi dengan lulusan dari negara lain dan memiliki kompetensi berstandar internasional. Lulusan KKI juga ditargetkan mampu melanjutkan pendidikan pascasarjana di institusi pendidikan kedokteran berskala internasional. Dengan menggunakan kurikulum berskala internasional, mahasiswa didorong untuk mengembangkan cara belajar dan mengembangkan ilmu dan keterampilan klinis melalui berbagai sumber akademik.
Strategi yang diterapkan dalam Program KKI adalah melibatkan kolaborasi internasional, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle. Oleh karena itu, program KKI di FKUI memiliki nilai tambah double degree, yaitu dokter (Universitas Indonesia) dan Bachelor of Medical Science(University of Melbourne/Monash/Newcastle). Mahasiswa program KKI akan menjalankan program studi ke luar negeri (Australia atau Inggris) pada tahun ke-4 selama satu tahun. Program yang dilaksanakan di universitas tersebut berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan untuk mempelajari lebih mendalam tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset.
Kegiatan akademis dalam Program KKI dilaksanakan dalam Bahasa Inggris, baik dalam perkuliahan, diskusi, praktikum, tugas, maupun ujian. Penggunaan Bahasa Inggris bertujuan agar lulusan KKI mampu melakukan pembelajaran kedokteran dalam Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional.Program Kelas Internasional dirancang untuk mengembangkan profesionalisme dan menggunakan kurikulum standar internasional. Kondisi dalam kegiatan belajar mengajar membuat siswa mengembangkan cara belajar mereka dan menggali kemampuan melalui berbagai sumber akademik untuk meningkatkan kemampuan di bidang ilmu kedokteran. 


Metode Pengajaran
Kegiatan belajar mengajar mahasiswa FKUI dilaksanakan di kampus FKUI – Salemba, berbagai rumah sakit pendidikan FKUI. serta berbagai klinik pelayanan kesehatan FKUI, pemerintah, maupun swasta. Strategi Pembelajaran di FKUI menggunakan pendekan SPICES , yaitu:

–    Students Active Learning
–    Problem Based Learning
–    Integrated Teaching
–    Community Medicine
–    Early Clinical Exposure/Elective
–    Evidence Based Learning
–    Systematic


Deskripsi Pentahapan Program Pendidikan dalam KBK FKUI 2005:

Semester I:
Program untuk dasar pendidikan tinggi/pendidikan kedokteran.
Semester II – VI:
Pendidikan Kedokteran terintegrasi dengan Keterampilan Klinik Dasar
Semester VII-VIII:
Kegiatan Riset: Laboratorium, pusat kesehatan, rumah sakit, studi literatur dan database
(dilaksanakan di Australia, Monash University atau University of Melbourne dan atau di University of Newcastle)
Semester IX-XII:
Riset, praktek di RS, Klinik dan Pusat Kesehatan Masyarakat menerapkan Evidence Based Madicineserta elective posting.
Sertifikasi:
1.    Bachelor of Medical Science (Monash or Melbourne University)
2.    Sarjana Kedokteran (Universitas Indonesia)
3.    Dokter (Universitas Indonesia)
Penerimaan:
  • Lulusan SMU baik dari Indonesia maupun dari sekolah internasional domestik atau asing dengan ijazah yang diakui oleh Menteri Pendidikan RI.