Rektor UI Kukuhkan Guru Besar Kedokteran dan Kedokteran Gigi



IMG_2179BPUI, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met UI memimpin upacara pengukuhan dua guru besar tetap Universitas Indonesia (UI) yaitu Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD.KGH sebagai Guru Besar Tetap bidang Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UI (FKUI) dan Prof. Dr. drg. Endang Suprastiwi. Sp KG(K) sebagai Guru Besar Tetap bidang Ilmu Konservasi Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKG UI). Pengukuhan berlangsung di Balai Sidang, Kampus UI Depok.
Prof. dr. Parlindungan memaparkan pidato pengukuhan berjudul “Peranan Air Minum bagi Kesehatan, Apakah Selalu Bermanfaat?”. Sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Penyakit Dalam yang juga seorang Konsultan Ginjal‐Hipertensi, Prof.dr. Parlindungan merasa bertanggung jawab dalam mengedukasi khalayak terkait pengetahuan akan Cairan, Elektrolit, dan Asam‐Basa. Menurutnya, air sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia, akan tetapi dalam penggunaannya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan konsumsi air tersebut. Konsumsi air tidak dianjurkan melebihi kemampuan ekskresi air oleh ginjal normal yaitu 400‐600 mL per jam. Faktor usia, besaran fungsi ginjal juga berperan dalam menentukan besaran volume asupan air ini.
Lebih lanjut, Prof. drg. Endang memaparkan pidato pengukuhannya berjudul “Regenerasi Endodontik menuju Paradigma Baru Perawatan Konservasi Gigi”.  Sebagai Guru Besar Ilmu Konservasi Gigi, Prof.drg Endang senantiasa mengembangkan penelitian terkait upaya dan tindakan untuk mempertahankan dan mengkonservasi gigi selama mungkin di dalam rongga mulut dengan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit. Salah satunya adalah regenerasi endondotik yang merupakan metode baru perawatan pulpa terinfeksi yang bertujuan meregenerasi pulpa. Prinsip  regenerasi endodontik menerapkan teknologi rekayasa jaringan melalui pembentukan jaringan fungsional secara 3D dengan menggunakan sel induk yang dikombinasikan dengan scaffold dan faktor pertumbuhan. (Egia)