Fakultas Ekonomi Resmi Berganti Nama Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis


FEUIBPUI-Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 038/SK/R/UI/2015 tertanggal 19 Februari 2015, Fakultas Ekonomi (FE) resmi berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pergantian nama tersebut dilatarbelakangi oleh perubahan yang semakin dinamis yang menuntut persaingan baik di tingkat nasional maupun internasional. Perubahan nama terutama dilakukan untuk memudahkan FEB UI beradaptasi dalam komunitas internasional.
Perubahan nama ini diharapkan dapat menguatkan posisi FEB UI yang tidak hanya memiliki studi ilmu ekonomi, tetapi juga manajemen dan bisnis serta akuntansi. Hal ini penting untuk internasionalisasi FEB UI. Sejumlah universitas besar dunia pun telah membedakan antara school of bussiness dengan school of economics. Sementara itu, sebagian yang lain mengubah namanya menjadi faculty of economics and bussiness atau faculty of bussiness and economics.
Selain itu, perubahan nama FEB UI diharapkan dapat menunjang keperluan proses akreditasi internasional yang dilakukan The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). AACSB merupakan asosiasi pendidikan dan bisnis yang beranggotakan lebih dari 1.400 organisasi di seluruh dunia. Kini, FEB UI telah mencapai tahapan pengajuan eligibility report dari 16 tahapan untuk dapat memenuhi akreditasi tersebut.
Segala hal terkait akademik tetap berlaku sama untuk FEB. Tidak ada perubahan maupun penambahan pada program studi maupun perubahan struktural terkait perubahan nama tersebut. (KHN)
Sumber : ui.co.id