Les Privat bpUI : Yuk Siap-Siap Daftar SNMPTN !


Mulai 17 Februari hingga 31 Maret 2014, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan dibuka. Setiap siswa yang telah menerima password dari kepala sekolah bisa mendaftarkan diri melalui laman snmptn.ac.id.

Sebenarnya, apa saja langkah yang harus dilalui para siswa untuk mendaftar salam SNMPTN? Ketua Umum Panitia SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia menyebut, langkah pertama saat melakukan pendaftaran ialah siswa menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang diberikan kepala sekolah.

"Setelah mendaftar dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), panitia akan memberikan password bagi siswa melalui kepala sekolah. Dengan menggunakan NISN dan password tersebut, siswa login ke laman SNMPTN, http://snmptn.ac.id untuk mendaftar," tutur Ganjar, di Hotel Red Top, Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/2/2014).

Setelah berhasil login, siswa harus mengisi biodata, pilihan PTN, dan program studi (prodi) yang diinginkan. Kemudian, kata Ganjar, pendaftar harus menggunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan jika ada.

"Pada saat mengunggah foto, pastikan itu pasfoto resmi terbaru. Bukan foto aneh-aneh. Karena pengalaman sebelumnya, ada yang mengirimkan foto aneh-aneh, yang berpose dengan pacarnya, foto di pantai, dan sebagainya. Harus foto resmi," paparnya.

Langkah selanjutnya, ujar Ganjar, pelamar prodi bidang seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan. Gunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.

"Untuk pendaftar yang memilih prodi olahraga dan seni ada portofolio bukti keterampilan yang harus dilampirkan. Bisa berupa data atau video. Misalnya kemampuan lari, bisa lari berapa jauh dalam berapa menit. Atau kemampuan menari dalam bentuk video," jelas Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu.

Setelah selesai semua data dan melampirkan semua dokumen dan foto, langkah terakhir dari proses pendaftaran ialah mencetak kartu pendaftaran. "Kalau sudah selesai, cetak katu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN," bebernya.

Sementara itu, Koordinator IT SNMPTN 2014 Emil Budianto menyatakan, secara sistem, panitia telah mengantisipasi agar para peserta mengisi seluruh data yang diperlukan. "Saat finalisasi belum mengunggah portofolio akan ada warning," kata Emil.