Sekolah Lebih Diatur, Kuliah Lebih Santai

Les Privat bpUI - Memasuki dunia kuliah tentu kita akan dihadapkan pada sesuatu yang jauh berbeda dengan ketika bersekolah dulu.

"Kalau pas sekolah kan semua jadwal diatur langsung dari sekolah tuh. Jadi ketat banget deh," ucap Emir Satyatama Fahlevie, mahasiswa Universitas Al-Azhar kepada Okezone, baru-baru ini.

Emir mengimbuh, jadwal yang lebih bebas bisa membuatnya mengikuti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hobinya terhadap budaya Jepang. "Aku jadi bisa nonton konser dan festival yang berbau Jepang," imbuhnya.

Namun, jadwal kuliah di dunia kampus yang lebih bebas, bisa saja membuat mahasiswa menjadi malas-malasan. "Kalau kuliah kan atur jadwal sendiri, bebas sih. Tapi ya harus tetap bertanggung jawab terhadap diri sendiri," ucap Muhammad Irsyad, mahasiswa Universitas Bina Nusantara.

Menurut Irsyad, yang membedakan kuliah dengan sekolah adalah tugas. "Kalau sekolah, tugas bisa dibantu teman. Kalau kuliah ya mau enggak mau mengandalkan kemampuan sendiri," tutur Irsyad.

Kehidupan kuliah yang lebih bebas bisa saja mengiring seseorang ke hal-hal yang gak baik. Jadi mau bebas? Ya tetap harus kontrol diri sendiri ya. (rfa)