Raih Sertifikat ISO ,FTUI

Sumber: ui.ac.id Les Privat bpUI- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 Quality System Management atau Sistem Manajemen Mutu untuk Pusat Administrasi Fakultas (PAF) FTUI. Sertifikasi ini diserahkan oleh Operation Manager PT. DQS Certification Indonesia Markus Dihanto kepada Dekan FTUI Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng di perayaan Dies Natalis FTUI ke-49 di kampus FTUI Depok.

"Perolehan ISO 9001 : 2008 ini merupakan kerja keras dan komitmen FTUI untuk mencapai visi sebagai Institusi Pendidikan Keteknikan yang Unggul dan Mampu Bersaing di Dunia Internasional. Sebelumnya, pada tahun 2008 dan 2010, FTUI meraih akreditasi internasional ASEAN University Network (AUN) untuk enam Departemen yang dimilikinya yaitu teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik metalurgi dan material, arsitektur dan teknik kimia. Selain PAF FTUI, beberapa unit di dalam lingkungan UI yang telah terlebih dahulu meraih sertifikasi ISO 9001:2008 adalah Departemen Teknik Mesin FTUI, Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI dan PPSI UI," ungkap Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Dra. Farida Haryoko, M.Psi dari siaran pers yang diterima Okezone, Sabtu (20/7/2013).

Farida juga mengatakan, persiapan internal yang cukup intensif dilakukan antara lain tahapan pengembangan sistem manajemen mutu, implementasi monitoring, audit internal, hingga akhirnya didatangi asesor serta tahapan evaluasi. Proses assessment untuk kelayakan sertifikasi ISO 9001:2008 dilakukan oleh PT DQS Certification Indonesia pada 11 – 12 Juli 2013.

"Berdasarkan proses audit secara eksternal tersebut maka PAF FTUI layak memperoleh sertifikasi, dengan hasil yang memuaskan," katanya.

Lebih lanjut, Implementasi ISO 9001:2008 ini merupakan wujud tanggung jawab manajemen FTUI untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap mahasiswa, dosen, karyawan serta alumni sebagai pelanggan FTUI.

"Diharapkan PAF FTUI akan memiliki sistem kerja yang terstandar internasional dengan prosedur yang jelas agar bisa melayani seluruh warga FTUI dengan memuaskan dan tepat waktu sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Sekedar informasi, PAF FTUI merupakan suatu unit kerja di lingkungan FTUI yang menjalankan berbagai fungsi pelayanan bagi seluruh warga FTUI, baik mahasiswa, dosen, karyawan maupun alumni. Kegiatan didalamnya mulai dari pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) FTUI, pengadaan barang dan jasa FTUI, pengolahan dokumen FTUI dan unit penjaminan mutu akademik FTUI. Termasuk dalam layanan PAF FTUI adalah proses pelayanan informasi bagi calon mahasiswa baru, pembuatan surat keterangan, legalisir transkrip nilai dan ijazah, proses yudisium. (fmh)