5.734 Peserta Simak UI Minati Kedokteran

Les Privat bpUI - Program studi Kedokteran Universitas Indonesia (UI) diminati 5.734 dari 39.675 peserta Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2013.

"Program studi yang paling diminati di Sarjana Reguler adalah Kedokteran. Itu sama seperti tahun sebelumnya pada program S1 Paralel," kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia  Farida Haryoko di Depok, Minggu (30/6/2013).

Selanjutnya adalah Ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 2.750 orang. Untuk jenjang Vokasi yang paling diminati adalah Akuntansi dengan jumlah peminat sebanyak 1.688 orang.

"Adapun pada program S2 yang paling diminati adalah program studi Magister Manajemen dengan jumlah peminat sebesar 504 peserta," ujarnya.

Hari ini, ia melakukan peninjuan pelaksanaan Ujian SIMAK UI 2013 bersama Pejabat Rektor UI, Prof Dr Ir Muhammad Anis, M.Met dan pimpinan UI lainnya di Fakultas Hukum dan juga meninjau ujian Program Sarjana yang diikuti oleh Peserta Berkebutuhan Khusus.

Farida menjelaskan SIMAK UI 2013 adalah seleksi masuk seluruh  program pendidikan di UI yaitu Vokasi, Sarjana Reguler, Sarjana Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Program Profesi dan Spesialis serta Program Doktor.

SIMAK UI 2013 dilaksanakan secara serentak di 17 kota di Indonesia (Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Cirebon).

Sebelumnya, UI juga sudah menggelar Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 Panitia Lokal (Panlok) Jakarta diikuti oleh 44.165 peserta dari bidang IPA, IPS, dan campuran.

SBMPTN wilayah Jakarta itu meliputi Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN).

Tahun ini Universitas Indonesia (UI) menerima 4.600 mahasiswa baru. Penerimaan dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang diselenggarakan secara nasional.

Ada pula jalur Seleksi Masuk (Simak) UI yang diselenggarakan oleh panitia lokal UI. Berdasarkan ketentuan, kuota penerimaan jalur SMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan Simak 20 persen. "Untuk jalur SNMPTN ada 2.300 mahasiswa yang diterima, jalur SBMPTN sebanyak 1.380 mahasiswa, dan SIMAK 920 mahasiswa," katanya.