Awasi UN ,Peran Perguruan Tinggi Makin Berat

Les Privat bpUI -- Peran perguruan tinggi dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) di jenjang SMA/SMALB/SMK/MA dan Paket C semakin bertambah berat. Perguruan tinggi tidak hanya terlibat dalam pengawasan, namun juga pendistribusian naskah soal UN."Keterlibatan PT semakin bertambah dalam penyelenggaraan UN. Padahal PT juga sudah punya kesibukan yang tinggi. Kita harapkan supaya ke depan semua pihak bisa dipercaya dengan baik," kata Pembantu Rektor IV Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Supriyanto, dalam acara pelepasan pendistribusian naskah soal UN SMA/SMALB/SMK/MA dan Paket C tahun ajaran 2012/2013, Sabtu (13/4/2013) di Jakarta.
Naskah soal UN dari percetakan diserahkan kepada perguruan tinggi. Untuk wilayah DKI Jakarta, UNJ ditunjuk sebagai penanggung jawab utama. Adapun PT mitra lainnya yakni Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, Universitas Jayabaya, dan Universitas Pancasila. Dari perguran tinggi, naskah soal diserahkan kepada rayon-rayon di seluruh sekolah di DKI Jakarta.
Menurut Supriyanto, peran PT terus meluas untuk menjamin mutu UN di jenjang pendidikan menengah. Keterlibatan PT mulai dari pendistribusian, pelaksanaan, hingga pemindaian lembar jawaban siswa. "Pemindaian lembar jawaban UN nanti dipusatkan di UNJ. Kami diberi waktu dua minggu untuk menyelesaikannya, lalu diserahkan ke Puspendik Kemendikbud," kata Supriyanto.
Labels : guru les privat sd ,smp ,sma ke rumah wilayah Jakarta ,super intensif un ,sbmptn ,supercamp simak u ,guru les bahasa