Hadapi UN ,Bersikap Tenang




Les Privat bpUI- Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Samsul Rizal mengajak siswa Sekolah Menengah Atas/sederajat di Provinsi Aceh untuk tenang dalam menghadapi ujian nasional tanpa harus dihantui rasa takut.
"Ketenangan yang ada dalam setiap diri siswa akan mampu membuka pikiran dalam menyelesaikan setiap soal ujian yang ada dihadapan peserta didik," kata Samsul Rizal di Banda Aceh, Senin (11/3/2013).
Menurut dia, ketakutan dan rasa was-was yang terbangun dalam diri akan menjadi sebuah beban yang berdampak tidak maksimalnya kinerja otak untuk berpikir.
Karena itu ia mengajak kepada seluruh peserta didik dan sekolah untuk mempersiapkan seluruh peserta didik dalam menghadapi ujian yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Tanah Air.
"Langkah konkrit yang paling penting dilakukan oleh semua komponen adalah mempersiapkan peserta didik dari awal untuk siap menghadapi ujian," katanya.
Ia menjelaskan soal ujian dalam 20 paket tersebut merupakan bidang studi yang dipelajari setiap siswa sekolah SMA/sederajat di seluruh Indonesia.
"Artinya, soal yang diberikan sama juga dengan materi pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi tidak perlu khawatir tinggal saja mempersiapkan diri untuk mengulang terhadap berbagai disiplin ilmu yang di UN kan," katanya.
Pihaknya optimistis dengan rasa ketenangan dan persiapan diri setiap siswa dan dukungan semua komponen akan menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjawab berbagai soal-soal UN.