Minimal 5,5 Batas Kelulusan UN 2013


Ilustrasi: pelajar SMA. (Foto: Rifa Nadia/Okezone)Les Privat bpUI- Siswa seluruh jenjang pendidikan kini sedang bersiap menghadapi ujian nasional (UN). Bagi siswa SMA/sederajat, kelulusan pada UN akan menjadi tiket mereka untuk masuk ke perguruan tinggi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar menjelaskan, tahun ini, pemerintah tidak mengubah batas kelulusan bagi para siswa Indonesia. Angka minimal yang dipatok sebagai penentu kelulusan siswa masih sama dengan tahun lalu. 

"Batas kelulusan tidak ada perubahan. Rata-rata harus 5,5 dan tidak ada mata pelajaran yang di bawah 4,5," ujar Khairil. 

Meski tidak ada perubahan pada nilai batas kelulusan, Guru Besar Matematika  Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengakui, ada kenaikan pada tingkat kesulitan jika dibandingkan tahun sebelumnya. "Karena kami ingin mendapat mutu lulusan yang lebih baik dari tahun ke tahun, maka mau tidak mau tingkat kesulitan soal akan kami naikkan," imbuhnya.

Khairil menjelaskan, untuk mengantisipasi tindak kecurangan, UN tahun ini akan menggunakan paket soal lebih banyak dari tahun lalu. Pihaknya, kata Khairil, mempersiapkan hingga 30 paket soal yang akan digunakan pada UN 2013. Tidak hanya itu, terobosan lain dalam UN 2013 adalah menyatukan berkas soal dengan lembar jawaban ujian nasional (LJUN). 

UN 2013 tingkat SMA/sederajat akan dihelat pada 15 - 18 April 2013, sedangkan UN susulan pada 22 - 25 April 2013. Pada tingkat SMP, UN utama akan digelar pada 22-25 April 2013, dan ujian susulan pada 29 April - 2 Mei 2013. Sementara itu, UN utama tingkat SD akan diselenggarakan pada 6-8 Mei 2013, dan ujian susulan pada 13-15 Mei 2013.(rfa)
Bimbel Privat | Kursus Privat | Les Privat | Guru Privat | Super Intensif UN | SBMPTN | SIMAK UI