Yuk ,Jadi "Guru" Sehari

Les Privat bpUI- Anda punya kisah dan motivasi yang dalam tentang mengejar cita-cita dengan tekun hingga sampai ke titik karier saat ini? Apa pun profesi Anda, Anda perlu berbagi inspirasi mengenai motivasi dan pengalaman Anda kepada generasi muda.

Melalui program Kelas Inspirasi, Indonesia Mengajar kembali mengundang para profesional untuk menjadi "guru" sehari di sejumlah sekolah dasar (SD) yang termarginal. Setelah tahun lalu hanya digelar di Jakarta, tahun ini, Kelas Inspirasi akan digelar serentak pada tanggal 20 Februari mendatang di enam kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Pekanbaru.

Ketua Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, mengatakan, semua yang terlibat dalam kegiatan ini akan belajar. Wawasan para siswa diharapkan terbuka, begitu pula dengan guru dan kepala sekolah di sekolah tersebut.

Namun, tak hanya itu. Kelas Inspirasi diharapkan bisa membuka wawasan para golongan menengah ke atas yang berpendidikan baik mengenai jarak intelektual yang cukup jauh meski berada di kota atau wilayah yang sama.

“Hitungan jarak kesejahteraan, jarak pengetahuan, jarak wawasan terlihat amat jauh,” katanya dalam surat panggilan terbuka Kelas Inspirasi kepada para profesional di Indonesia yang dimuat di laman resmi Gerakan Indonesia Mengajar, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Menurut Anies, hadirnya inspirasi dari para pengajar, tak hanya guru dan kepala sekolah, sesungguhnya merupakan iuran terbesar dalam dunia pendidikan.

Jadi, jika Anda pernah dan sedang bekerja secara profesional, apa saja, selama minimal dua tahun dan bersedia berkomitmen untuk hadir pada waktu yang ditentukan, segera daftarkan diri Anda.

Enam panitia kota Kelas Inspirasi membuka pendaftaran relawan profesional pengajar hingga besok, Selasa (22/1/2013), melalui laman resmi Kelas Inspirasi. Pengumuman akan dilakukan pada 31 Januari mendatang. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui akun Facebook dan Twitter panitia Kelas Inspirasi atau mengirimkan email ke alamat lesprivatbpui04@gmail.com