Pencetakan Soal Ujian Pusat Perlu Evaluasi

Les Privat bpUI-Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Abdullah Djabbar mengatakan, pemerintah pusat perlu mengevaluasi kembali pencetakan soal ujian yang dilakukan secara terpusat."Kebijakan pencetakan soal ujian secara terpusat dilaksanakan tahun lalu, tahun ini akan dilaksanakan secara terpusat lagi," kata Djabbar di Makassar, Rabu (23/1/2013).
Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, pihaknya berharap agar pemerintah pusat mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut, mengingat pada periode 2012 munculnya berbagai masalah di lapangan.
Masalah itu mulai dari kekurangan soal hingga tertukarnya soal, sehinggga sejumlah sekolah terpaksa menunda pelaksanaan ujian nasional. "Kami berharap pengalaman periode lalu itu dapat menjadi salah satu pertimbangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar penggandaan soal dikembalikan lagi ke daerah," katanya.
Mengenai hal itu, lanjut dia, sudah disampaikan ke pihak Kemendikbud, namun hingga kini belum ada respon positif sebagai jawaban dari usulan tersebut. Mengenai rencana pelaksanaan ujian nasional yang akan digelar secara serentak pada 2013, dia mengatakan, sudah ada jadwalnya untuk masing-masing tingkatan.
Berdasarkan data Disdik Sulsel diketahui ujian nasional untuk tingkat SMA dan sederajat pada 15-18 April 2013, sedangkan tingkat SMP sederajat 22-25 April 2013. Khusus Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bagi siswa SD dan Madrasah Ibtidayah akan digelar pada 6-8 Mei 2013.