Pameran Hasil Riset Lima Tahunan UI



World Class Research University, merupakan predikat yang lama melekat dengan identitas dari entitas bernama Universitas Indonesia. Oleh karena itu riset adalah hal utama yang dikembangkan. Dalam rangka pengembangan riset tersebut, Universitas Indonesia menyelenggarakan acara rutin lima tahun sekali yang bernama “Gelar Ilmu.” Acara yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2007 ini bertujuan untuk memamerkan hasil-hasil riset dari seluruh fakultas di Universitas Indonesia.
Tahun ini acara dilaksanakan di Balairung UI, tanggal 12-13 September 2012 dan dibuka dengan seminar yang bertema, “Menjadi Universitas Riset: Fakta atau Mimpi.” Dilanjutkan dengan talk show yang berjudul, “Sukses dengan Industri Kreatif dan Perlindungan HKI.” Acara hari pertama ini diakhiri dengan bedah buku, “Tenggelam dalam Neoliberalisme.”

Rangkaian acara hari kedua diisi dengan workshop, fun science, seminar, bedah buku, dan Temu Bisnis. Temu Bisnis yang digelar ini bertema, “Paten UI Menuju Komersialisasi”. Tema paten menjadi hal penting yang patut diperhatikan terkait dengan hasil-hasil riset para peneliti Universitas Indonesia. Salah satu peserta pameran dari fakultas teknik mengatakan bahwa pada pameran kali ini fakultas mereka membawa berbagai hasil riset dari masing-masing departemen. Beberapa yang dipamerkan antara lain inkubator, mobil listrik, dan robot.

Peserta riset dari fakultas kedokteran mengatakan bahwa para pengunjung pameran ini cukup antusias dengan pameran hasil riset yang mereka tampilkan seperti teknologi bayi tabung, teknologi bedah tulang, dan berbagai hasil riset lainnya terkait kesehatan. Sementara itu, fakultas-fakultas dari rumpun sosial memamerkan hasil riset mereka yang berupa jurnal-jurnal ilmiah dan buku-buku karya para dosen dari fakultas tersebut.

Acara Gelar Ilmu tahun ini dilaksanakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Harapan Budi Hartono selaku wakil ketua pelaksana acara adalah peningkatan minat para periset di Universitas Indonesia. (IB)
Sumber : Kompas.com