Tuan Rumah Kompetisi Olahraga Antar Universitas adalah UI




 
Les Privat bpUI - Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah kompetisi olahraga internasional antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik, The 25th Biennial Intervarsity Games (BIG) 2012. Event ini awalnya dikenal dengan The Intervasity Games (TIG) dan ajang kompetisi olahraga antar universitas yang menggunakan nama negara sebagai nama universitas di kawasan Asia-Pasifik.

Pertama kali diselenggarakan oleh the University of Hong Kong (HKU). Sejak 1949, TIG menjadi ajang kompetisi olahraga bergengsi di HKU.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani menjelaskan, lebih dari 50 tahun, ajang kompetisi ini tumbuh menjadi sebuah ajang kompetisi olahraga berskala internasional.

"Ajang ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas," kata Siane, di Balairung UI, Depok, Sabtu (7/7/2012).

Ia menambahkan, pada awalnya event ini diikuti oleh dua negara, yakni Singapura dan Hong Kong dan diselenggarakan dalam jangka waktu tiga tahunan (Triennial Intervarsity Games). Sejak 1951, format kompetisi ini diubah dan diselenggarakan dalam jangka waktu dua tahunan (Biennial Intervarsity Games).

Sebelum di UI, kompetisi ini digelar di HKU pada 2008, dan dua tahun setelahnya digelar di University of Singapore (NUS). Tahun ini, The 25th BIG diikuti empat universitas dari empat negara yaitu Indonesia (Universitas Indonesia), Malaysia (The University of Malaya (UM)), Singapore (National University of Singapore (NUS)), China (University of Macau (UMAC)).

"Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-25, dan kami dipercaya menjadi tuan rumahnya," ujar Siane.

Sebagai tuan rumah, UI telah menyiapkan tiga lokasi pertandingan di Kampus UI Depok, yaitu Balairung, Gymnasium, dan lapangan tenis. Selain itu, Stadion Madya Gelora Bung Karno dan GOR Soemantri Brodjonegoro akan dimanfaatkan untuk beberapa cabang olahraga.

Wisma Makara dan asrama mahasiswa juga disiapkan untu menampung sekitar 300 atlet yang akan bertanding di beberapa canag olahraga, seperti atletik, bulutangkis, bola basket, sepak bola, tenis lapangan, dan tenis meja. UI sendiri telah mempersiapkan perhelatan The 25th BIG ini sejak 2010.

Pagi ini, rencananya Rektor UI Prof. Dr. Gumilar Rusliwa Somantri akan meresmikan Opening Ceremony The 25th BIG 2012, di Balairung UI, kampus Depok.