Nuh:Jangan Bicara Harga Diri! Soal UI



Les Privat bpUI— Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengomentari masih berlanjutnya polemik di tubuh Universitas Indonesia (UI). Persoalan yang terus melingkuipi dikhawatirkan mengganggu aktivitas pendidikan di kampus tersebut.

Nuh mengatakan, seluruh pihak harus menempatkan kedudukan UI pada posisi tertinggi. Terlepas adanya pihak yang "berseberangan", ia menekankan, penyelesaian UI dengan cara yang baik harus menjadi prioritas utama.

"Saya sudah ketemu dengan semua pihak. Yang saya sampaikan, letakkan urusan UI di tempat tertinggi karena ini bukan soal harga diri pribadi," kata Nuh, di Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Selanjutnya, kata Nuh, paradigma berpikir seluruh stakeholder juga harus diubah dan mengupayakan demi kebaikan seluruh sivitas akademika UI. Menurut dia, aktivitas di UI tidak boleh terganggu karena para pemangku kebijakan tak dapat menyelesaikan persoalan.

"Jangan bicara soal harga diri, ini soal kebaikan UI dan jangan sampai mengganggu kegiatan akademik," kata Nuh.

Seperti diberitakan, sejak tahun lalu sejumlah persoalan menerpa UI dan membuat situasi tidak kondusif. Ada tuntutan agar pemegang tampuk UI transparan terkait pengelolaan universitas.