Dana Abadi Beasiswa Rp 7 Triliun Terkumpul




 
Les Privat bpUI - Pemerintah alokasikan dana Rp 7 triliun untuk dana abadi beasiswa dari APBN Perubahan 2012. Dana itu menjadi modal Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, pengembang dana itu.
”Dana sebesar Rp 7 triliun itu dana yang dikelola BLU Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),” ujar Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawaty di Jakarta, Kamis (19/7).
Ide pembentukan BLU LPDP muncul tahun 2009 ketika terjadi lonjakan penerimaan negara dari hasil jual minyak dan gas bumi menyusul kenaikan harga minyak mentah dunia. Lonjakan itu menaikkan anggaran pendidikan otomatis sebesar 20 persen dari kenaikan penerimaan itu. Dana dari kenaikan anggaran pendidikan itulah yang dialokasikan sebagai modal BLU LPDP.
Tahun 2009, nilai dana abadi yang dipisahkan dari APBN itu Rp 1 triliun. Namun, dana tersebut belum dapat digunakan karena menunggu pembentukan BLU LPDP, 1 Juni 2012.
Perjalanannya, terjadi penambahan dana abadi akibat perubahan APBN tahun 2010, 2011, dan 2012. Tambahan dana abadi mencapai Rp 6 triliun. Total modal awal BLU LPDP menjadi Rp 7 triliun.
Akan diinvestasikan
Di tempat terpisah, Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Soritaon Siregar mengatakan, pada awalnya, dana itu dititipkan di PIP sambil menunggu terbentuknya BLU LPDP. ”Sekarang, semua permohonan beasiswa diarahkan ke BLU itu,” ujarnya.
Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto menyatakan, modal itu menjadi dana abadi yang akan diinvestasikan. Dana hasil pengembangan itulah yang akan diberikan sebagai beasiswa.
Dengan tambahan dana pengembangan pendidikan Rp 6 triliun itu, anggaran pendidikan dalam APBN-P 2012 bertambah dari Rp 289,9 triliun menjadi Rp 295,9 triliun. Pemerintah telah mengusulkan anggaran pendidikan lebih besar pada tahun 2013, yakni Rp 316,5 triliun. Dari anggaran itu, sekitar Rp 2,5 triliun dialokasikan untuk tambahan modal dana pengembangan pendidikan yang dimasukkan ke BLU LPDP tahun depan. (OIN)