Mendominasi Pilihan SNMPTN Jurusan IPA

Lesprivatbpui.com - Pendaftar Ujian Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Malang, Jawa Timur, hingga akhir pendaftaran mencapai 28.009 peserta. Dari jumlah tersebut mayoritas calon mahasiswa berasal dari jurusan IPA."Kenaikannya cukup drastis. Padahal, tahun lalu didominasi oleh calon mahasiswa dari jurusan IPS. Tahun lalu untuk jurusan IPA sekitar 9.000 peserta. sekarang naik menjadi 11.131 peserta," kata Kepala Humas Pantia Lokal SNMPTN di Malang, Muhammad Yahya.
Total pendaftar peserta tes tulis SNMPTN di Malang mencapai 28.008 orang. Dengan rincian pendaftar jurusan IPA sebanyak 11.131 peserta, IPS ada 11087 peserta dan IPC ada 5790 peserta. "Kalau kuota SNMPTN untuk di Malang pada 2011 lalu hanya 22 ribu. Tahun ini ditambah 6.000 peserta," katanya.
Yahya menduga, melonjaknya jumlah pendaftar SNMPTN disebabkan karena hampir banyak sekolah yang siswanya lulus 100 persen. "Jarang siswa yang tidak lulus. Jadinya, banyak mendaftar SNMPTN," urainya.
Sementara itu meningkatnya peminat dari jurusan IPA kemungkinan besar karena banyaknya peserta yang memburu fakultas kedokteran. "Walau mahal, kedokteran masih menjadi favorit.," ujarnya.
Yahya menambahkan, panitia memberikan dispensasi bagi para pendaftar di hari terakhir (31/5) untuk menyelesaikan kelengkapan persyaratan. Beberapa pendaftar masih banyak yang belum mengetahui cara mengisi formulir atau aturan pendaftaran karena kurang menguasai teknologi. "Mereka meminta bantuan panitia karena takut salah, tapi umumnya sudah bisa diatasi," katanya.