Bakal Diakreditasi Internasional FKM UI


Lesprivatbpui.com- Universitas Indonesia akan menjadi yang pertama di Indonesia yang memiliki akreditasi internasional di bidang kesehatan masyarakat. UI melaksanakan program akreditasi bidang ilmu kesehatan masyarakat yang pertama di Indonesia oleh tim Apach.
Akreditasi internasional ini akan diberikan oleh organisasi internasional yang beranggotakan 66 Universitas dari 22 negara Asia-Pasific.
Tim akreditasi berada di Jakarta selama lima hari pada 20-25 Mei 2012 ini. Tim terdiri dari para ilmuwan dari Amerika, Jepang, China, Malaysia, dan sebagainya.
Devie Rahmawati Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Jumat (25/5/212), menjelaskan, melalui program akreditasi internasional ini, UI akan menjadi model atau rujukan bagi para ilmuwan dan praktisi di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bidang ini menjadi sangat strategis di masa datang mengingat tantangan peradaban di masa datang salah satunya menjamin keberlangsungan umat manusia di tengah tantangan alam dan teknologi.
Devi mengatakan, UI secara umum akan memfokuskan diri pada kajian-kajian yang membuat proyeksi bahwa dalam 30 tahun mendatang akan terjadi "Surga Demografi" (demografic devident) akan terwujud, bukan sebaliknya yaitu Bencana Demografi (demografic disaster).
Akreditasi ini menjadi sangat strategis bukan hanya untuk UI, namun juga Indonesia secara umum.