Sulitkan Siswa Berbuat Curang,Sistem Paket UN




Lesprivatbpui.com- Peserta ujian nasional di Kota Depok merasa, sistem paket soal mengunci siswa berbuat curang. Mereka hampir tidak memiliki kesempatan untuk melakukan kecurangan sebelum dan selama ujian.
Peserta lebih sibuk mengurusi soalnya sendiri sebelum waktu mengerjakan soal ujian berakhir. "Saya dapat pesan pendek kunci jawaban soal lewat telepon seluler. Saya tidak berani menggunakannya karena khawatir kunci itu berbeda dengan soal yang saya dapat," tutur Ari Supratman, peserta ujian nasional dari Sekolah Menengah Atas Terbuka Yayasan Bina Insan Mandiri yang mengikuti ujian di SMA 5 Depok, Senin (16/4/2012).
Karena adanya sistem paket soal, setiap siswa yang berdampingan mengerjakan soal berbeda. Ari tidak berani bertanya ke teman terdekatnya, sebab dia yakin soal yang dikerjakan berbeda dengan soalnya. Dia menjawab 50 soal yang tersedia, tanpa menyisakan satu pun yang tidak terjawab.
Hal yang sama diakui oleh Alhadi Basir, peserta UN dari sekolah sama. "Kesempatan curang hampir tidak bisa. Selain soalnya berbeda, ruangan ditutup sebelum dipakai ujian. Kami tidak bisa menaruh apa-apa di meja ujian," tutur Alhadi.
Les private/intensif un/guru les privat/les privat sd smp sma/intensif un,simak ui,snmptn