Soal UN Kemdikbud Kaji Penggunaan 20 Paket




www.lesprivatbpui.com- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sangat serius dalam upaya menutup celah kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN).
Setelah menyatakan tengah mengkaji 10 paket soal, kali ini Mendikbud Mohammad Nuh secara langsung meminta Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud untuk melakukan kajian dan simulasi terkait rencana digunakannya 20 paket soal pada UN di tahun-tahun mendatang.
"Kalau mau aman, kita buat 20 soal berbeda. Saya minta Kepala Balitbang buat exercise dari teknis keekonomian dan praktis, serta keamanannya," kata Nuh, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (30/4/2012).
Dijelaskannya, rencana menambah jumlah paket soal ditempuh menyusul masih terjadinya sejumlah kecurangan pada UN yang disajikan dalam lima paket soal. Menurutnya, masih ada celah yang dapat dimaanfaatkan siswa untuk melakukan kecurangan jika soal dibedakan sebanyak lima paket.
"Kita tengah mengkaji 10 paket soal. Kami acak sedemikian rupa pembagiannya, kita persulit dengan pola diagonal. Tapi tetap akan rumit di lapangan, kalau mau aman adalah 20 paket soal," ujarnya.
Les Privat bpUI/Intensif un,snmptn,simak ui/guru les privat/les private/les privat sd,smp,sma