Pelanggaran UN Belum Ada Bukti



Lesprivatbpui.com - Semua informasi mengenai kebocoran soal ujian nasional dan praktik kecurangan sampai saat ini masih terus dipantau oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Selain itu dilakukan juga tindak lanjut untuk mengetahui keabsahan laporan tersebut.
Inspektur Jenderal Kemdikbud, Haryono Umar, kepada para wartawan mengatakan, dari seluruh berita acara pemeriksaan yang masuk ke pos pengaduan Kemdikbud, sampai saat ini belum ada pelanggaran yang dapat dibuktikan.
"Tentunya kita tidak bisa memaksa semua tuduhan harus benar, karena ini berkaitan dengan nama baik seseorang dan instirusi," kata Haryono, di gedung Kemdikbud, Jakarta (23/4/2012).
Disampaikan olehnya, ada sebuah informasi yang mengabarkan jika sebuah sekolah memfotokopi naskah soal UN sebelum ujian berlangsung. Bahkan, Haryono melanjutkan, ada juga informasi mengenai beredarnya kunci jawaban di kalangan siswa di sejumlah daerah. Akan tetapi, lagi-lagi ia menegaskan jika semua informasi itu tidak dapat dipertanggungjawabkan.
"Semua sudah ditindak lanjuti, jangan sampai meresahkan, dan membuat konsentrasi siswa jadi terganggu," ujarnya.
Mengenai pengawasan, Haryono menilai sangat wajar jika pengawasan dilakukan melibatkan petugas kepolisian. Alasannya, untuk menjamin kemanan fisik naskah soal UN agar terdistribusi sesuai standar yang berlaku.
Les privat/les private/guru les privat/intensif un,snmptn,simak ui