Dinilai Lebih Cerdas Mahasiswa Sebelum Era Reformasi




Lesprivatbpui.com— Para mahasiswa sebelum era Reformasi dinilai lebih cerdas, lebih teliti, dan berkemauan keras untuk belajar. Mutu pendidikan dalam berbagai jenjang sebelum dilaksanakannya ujian nasional juga dianggap lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar Prof Sri Darma. "Lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi setelah masa Reformasi dari segi mutu kemampuan intelektualitasnya mengalami kemerosotan," katanya di Denpasar, Kamis (26/4/2012).

Menurut Sri Darma, penurunan kualitas tersebut memiliki kaitan erat dengan cara pandang siswa bahwa jenjang pendidikan yang ditempuhnya dimaksudkan supaya cepat lulus tanpa memperhatikan mutu dan proses setiap tahapan pendidikan.

"Proses pendidikan mulai dari SD hingga SMA sangat ditentukan oleh aktivitas belajar mengajar sehari-hari, bukan nilai tertinggi dalam pelaksanaan ujian nasional," katanya menambahkan.

Sri Darma juga menilai, dalam beberapa tahun terakhir setelah penyelanggaraan UN, semua pihak, baik siswa, guru, maupun masyarakat, hanya mengejar nilai tertinggi dan persentase kelulusan 100 persen. Padahal, menurut dia, nilai yang tinggi hanya bersifat semu tanpa diimbangi proses pendidikan yang baik dalam kegiatan harian.

"Pemerintah melaksanakan UN sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan secara nasional, bukan meraih nilai tertinggi saat UN," katanya.
   
Kelulusan siswa ditentukan oleh beberapa faktor, meliputi nilai yang diperoleh dalam hasil evaluasi pelajaran sehari-hari, perolehan nilai semester, dan nilai saat UN. Nilai rata-rata penggabungan itulah yang menentukan kelulusan UN, bukan hanya ditentukan oleh pelaksanaan UN.

"Oleh sebab itu, pelaksanaan proses belajar mengajar dalam aktivitas keseharian harus dilaksanakan dengan baik, termasuk guru dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sehari-hari," katanya.
Les Privat bpUI/les private/intensif un,snmptn,simak ui/guru les privat/les privat sd,smp,sma