Les Privat bpUI : Versi Telkom UI Kampus Tercerdas




LESPRIVATbpUI.COM— Untuk keempat kalinya, Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai Kampus Tercerdas di Indonesia oleh Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2011.
UI meraih peringkat tertinggi dengan total skor mencapai 4.871 diikuti Universitas Gunadarma di peringkat kedua dengan skor 4.839 dan Universitas Bina Nusantara pada peringkat ketiga dengan skor 4.473
UI menyabet penghargaan ini sejak anugerah digelar tahun 2008. Anugerah kampus tercerdas  diikuti oleh 355 perguruan tinggi di Indonesia.
Penghargaan ini diterima Wakil Rektor UI Sunardji SE MM dan Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof Dr Riri Fitri Sari, Rabu (14/3/2012), di Jakarta.
Penghargaan ini diberikan kepada kampus yang memiliki dedikasi dan inovasi dalam pengembangan infrastruktur kampus berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Adapun indikator penilaian predikat kampus pintar versi TesCA 2011 meliputi tata kelola kampus, infrastruktur dan fasilitas, sistem dan aplikasi, informasi dan konten, serta pemangku kepentingan teknologi informasi dan komunikasi di lingkup universitas.
Seleksi tiga bulan
Proses seleksi TeSCA dimulai Oktober 2011 hingga Januari 2012. Proses seleksi dilakukan komite juri dan tim juri independen terdiri dari praktisi bisnis, pakar TIK, akademisi, dan pemerintahan.
Proses penilaian dilakukan dengan melakukan pengiriman kuesioner sebagai bentuk "self assessment", kunjungan, penilaian akhir, dan pemberian penghargaan.
Berdasarkan penilaian akhir, UI meraih peringkat tertinggi dengan total skor mencapai 4.871, diikuti Universitas Gunadarma di peringkat kedua dengan skor 4.839, dan Universitas Bina Nusantara pada peringkat ketiga dengan skor 4.473.
Prof Dr Riri Fitri Sari mengatakan, pencapaian UI dalam "TeSCA 100 Smartest Campus" merupakan langkah nyata UI dalam pengembangan infrastruktur kampus dan kegiatan akademik berwawasan global melalui pendekatan teknologi informasi yang modern.
UI terus mengembangkan berbagai infrastruktur teknologi informasi untuk menunjang kegiatan akademik. Contohnya adalah Sistem Informasi Akademik mahasiswa yang terintegrasi (SIAK NG), Sistem Informasi Kepegawaian, Perpustakaan Otomatis dan Arsip Digital, Sistem Informasi Kepakaran, Sistem Informasi Jurnal Ilmiah (SIJURI), hingga pengembangan web dan blog dosen.
Les Private/Intensif UN/SNMPTN/SIMAK UI/Supercamp UI/Guru Les Privat