Bakal Dikembangkan Pinjaman Kuliah untuk Mahasiswa




Lesprivatbpui.com- DPR dan pemerintah dalam pembahasan Rancangan Undnag-undnag Perguruan Tinggi (RUU PT) menggagas dikembangkannya pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa. Pinjaman lunak untuk mahasiswa ini sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kendala biaya untuk menyelesaikan kuliah.

Rully Chairul Azwar, anggota Panitia Kerja RUU PT Komisi X DPR, di Jakarta, Rabu (28/3/2012), mengatakan, jaminan bagi anak bangsa yang berpotensi akademik untuk mengenyam pendidikan tinggi harus diamankan. Bantuan pendanaan untuk mahasiswa yang terkendala finansial bisa datang dari pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha.

"Dukungan bagi mahasiswa bisa dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa tidak mampu, serta pinjaman dana penddidikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan," kata Rully.

Yonny Koesmaryono, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan, ide untuk menerapkan pinjaman dana bagi mahasiswa merupakan kebijakan yang baik. Negara-negara lain juga sudah melakukan, sehingga mahasiswa tidak kesulitan untuk mengakses dan menyelesaikan kuliah.

Menurut Yonny, jika pemerintah berniat untuk mengimplementasikan adanya pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa, perlu dipikirkan betul bagaimana bisa berjalan dengan sukses. Sebab, pemerintah sebenarnya sudah pernah menggandeng perbankan untuk bisa mengucurkan kredit mahasiswa indonesia di masa orde baru, nyatanya gagal.

Masalah pembayaran yang tidak tuntas dari mahasiswa menjadi salah satu sebab gagalnya program ini berlanjut. "Jadi, ke depan perlu dipikirkan betul bagaimana gagasan soal pinjaman untuk mahasiswa di Indonesia ini bisa berjalan dengan baik sehingga terus berlanjut," kata Yonny.

Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta, mengatakan, pinjaman dana untuk mahasiswa ini bisa dari pemerintah maupun lembaga keuangan. Pilihan membantu mahasiswa lewat program pinjaman dana pendidikan dinilai dapat mendidik mahasiswa untuk bertanggung jawab, dan membangun harga diri.

Bantuan untuk mahasiswa yang miskin saat ini sudah ada, tetapi jumlahnya memang masih terbatas. "Kepada mahasiswa perlu diperkenalkan pilihan lain untuk mengatasi hambatan membiayai kuliah, dengan mengembangkan pinjaman lunak," ujar Bambang.

Bambang mengingatkan pemerintah dan DPR yang menggagas kembali soal pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa untuk berkaca dari pengalaman yang gagal di masa lalu. Untuk itu, skema soal pinjaman ini harus, termasuk juga membuat mahasiswa yang sudah lulus nanti benar-benar bertanggung jawab melunasi pinjamannya.
les private/les private /les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/les private/
guru les privat/guru les private/guru les private/guru les private/guru les private/guru les privat/guru les private/intensif un/snmptn/simak ui/intensif un/snmptn/simak ui/intensif un/snmptn/simak ui