Tabel Periodik Unsur Miliki Dua Kandidat Anggota Baru



Les Privat bpUI- International Union of Pure and Appled Chemistry (IUPAC) telah mengajukan nama baru untuk elemen 114 dan 116. Nama untuk keduanya secara berurutan adalah Flevorium (Fl) dan Livermorium (Lv).
Dua elemen tersebut telah ditemukan 10 tahun yang lalu. Namun keduanya baru secara formal diterima pada Juni 2011 lalu. Persetujuan akhir diterima setelah 5 bulan kajian.
Nama tersebut diberikan oleh dua kelompok ilmuwan yang berperan dalam penemuannya. Mereka adalah Institute for Nuclear Research di Dubna dan Lawrence Livermore National Laboratory di Livermore, California, AS.
Flevorium diciptakan dengan menabrakkan ion Kalsium ke Curium. Setelah tercipta, Flevorium akan segera meluruh menjadi Livermorium. Livermorium juga bisa diciptakan langsung dengan menabrakkan Kalsium ke Plutonium.
Nama Flevorium berasal dari Flevorium Laboratory of Nuclear Research, bagian Joint Institute di Dubna. Lab itu adalah prakarsa dari Georgy Flerov, fisikawan Rusia yang mempelopori penelitian ion berat.
Livermorium juga dinamai berdasarkan nama Livermore Laboratory yang didirikan oleh Ernest Lawrence dan Edward Teller. Nama Lawrence yang pernah meraih Nobel Fisika tahun 1939 juga telah diabadikan pada nama elemen Lawrencium (nomor 103).
Situs New Scientist, Kamis (1/12/12011) melaporkan bahwa saat ini sejumlah kecil Flevorium dan Livermorium. Ilmuwan berharap sifat kedua unsur itu bisa dipelajari lebih lanjut dan digunakan.
Les Privat SD SMP SMA/Guru Les Privat/Guru Ke Rumah/Intensif UAN & SNMPTN/Supercamp SIMAK UI