Parameter Pendidikan Berkualitas Adalah Akreditasi




Les Private bpUI- Nilai akreditasi merupakan penilaian Badan Akreditasi Nasional. Penilaian ini dilakukan terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran pada suatu program studi di perguruan tinggi. Penilaian tertinggi adalah terakreditasi A.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Esa Unggul Rokiah Kusumapradja mengatakan, untuk mencapai nilai akreditasi yang baik diperlukan komitmen bersama seluruh civitas akademika dalam pengelolaan universitas, terutama dalam bisang kemahasiswaan, kurikulum, sarana prasarana, proses pembelajaran, mutu lulusan, dan Tri Dharma perguruan tinggi.

"Selain itu, sistem penjaminan mutu universitas merupakan aspek yang sangat penting," katanya, di Jakarta, Kamis (15/12/2011).

Dalam upaya itu, Rokiah mengungkapkan, UEU telah berhasil memperoleh International Organization for Standardization (ISO) yaitu Sertifikat ISO 9001:2008 dan International Workshop Agreement (IWA) yaitu IWA-2:2007.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan PT. United Registrar Systems (URS) yang merupakan badan sertifikasi internasional yang berkantor pusat di Inggris dan telah terakreditasi oleh UKAS (United Kingdom Accreditation Service). Penghargaan ini diterima secara resmi oleh Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma AP, MBA.

“Sertifikat ISO 9001:2008/IWA-2:2007 ini merupakan bukti komitmen dari seluruh civitas akademika UEU untuk secara konsisten menerapkan dan menjalankan sistem manajemen mutu yang telah disesuaikan dengan persyaratan ISO 9001:2008/IWA-2:2007 sebagai pedoman kerja serta secara terus menerus menyempurnakannya menuju sistem kerja yang lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan kualitas pelayanan dan akademik UEU," papar Arief.

Sertifikat dengan nomor registrasi 48725/A/0001/UK/En tersebut berlaku hingga Oktober 2014 dengan ruang lingkup “Management of Higher Education and Academic Services” untuk jenjang Diploma, Strata-1 dan Strata-2 serta mencakup seluruh sivitas akademika meliputi fakultas, program studi, dan unit pendukung, mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga penanganan alumni UEU.

ISO 9001:2008 merupakan persyaratan sistem manajemen mutu yang fokus pada efektifitas proses continual improvement, dimana dalam setiap proses membutuhkan perencanaan yang matang, implementasi yang terukur dengan jelas. Selain itu juga dilakukan evaluasi dan analisis data yang akurat, serta tindakan perbaikan yang sesuai dan monitoring pelaksanaannya agar benar-benar bisa menuntaskan masalah yang terjadi di organisasi.

Sementara itu, IWA-2:2007 sendiri adalah panduan penerapan untuk sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 bagi institusi pendidikan.

Saat ini, UEU juga masuk dalam 24 Perguruan Tinggi Terbaik dalam Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal tahun 2010 oleh Kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Les Private bpUI / Guru Les Privat / Guru ke Rumah / Intensif UAN / Intensif SNMPTN / Supercamp UI