Kelas Khusus Wanita Lebih Berprestasi



Image: corbis.comLes Privat bpUI- Harapan cewek-cewek untuk menuai nilai terbaik saat kelulusan kuliah kini terbuka. Asalkan dia ditempatkan di kelas khusus wanita. Apa pasal?

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh University of Essex, Inggris, terhadap 800 mahasiswi semester pertama, ditemukan bahwa mahasiswi merasa lebih percaya diri dan lebih nyaman belajar di kelas tanpa mahasiswa (hanya wanita).

Seperti yang disitat Daily Mail, Rabu (28/12/2011), sebelumnya responden dibagi dalam tiga kelas untuk mengikuti kelas perkenalan bidang ekonomi. Tiga kelas tersebut terbagi atas kelas hanya pria, hanya wanita dan kelas campuran. Hasilnya, nilai kelas yang berisi hanya wanita mampu meraih nilai terbaik di antara dua lainnya.

Itu karena mahasiswi di kelas hanya wanita menjadi lebih kompetitif dan lebih siap mengambil resiko dalam pelajaran. Dan di akhir tahun, rata-rata nilai mahasiswi di kelas hanya wanita meraih nilai 7,5 persen lebih tinggi di antara dua kelas lain.

Tingkat kehadiran (presensi) mahasiswi di kelas khusus perempuan juga jauh lebih baik yakni rata-rata 71 persen, sementara di kelas campuran hanya 63 persen.

Salah satu responden, Corina Musat (20) mengatakan, “Saya rasa atmosfer kelas menjadi lebih bersahabat dan nyaman karena kami semua wanita.”
(rfa)
Les Private / Guru Les Privat / Intensif UAN & SNMPTN / Supercamp UI