Beasiswa UI ,Rp 32 Miliar untuk Siswa Tak Mampu

Les Privat bpUI- Universitas Indonesia menyediakan beasiswa Rp 32 miliar per tahun untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. Pemberian beasiswa ini untuk membuka akses kuliah di UI bagi semua lapisan masyarakat."Beasiswa yang disediakan ini sebesar Rp 20 miliar dari UI lewat keringanan uang pangkal atau biaya kuliah, dan Rp 12 miliar dari industri. Ini menunjukkan bahwa UI tidak elit bagi orang yang punya duit saja. Dengan adanya subsidi silang, di mana mahasiswa mampu membayar lebih mahal, semakin banyak mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang pintar bisa menikmati kuliah di UI," kata Rektor UI Gumilar R Soemantri di Depok, Selasa (15/7), seusai penandatanganan kerjasama UI dan KONI Pusat tentang Penerimaan Atlet Nasional Masuk UI Lewat Jalur Khusus Prestasi.
Menurut Gumilar, banyaknya jalur khusus masuk UI selama ini dikhawatirkan masyarakat hanya sebagai cara mudah perguruan tinggi mendapatkan uang. Padahal, variasi jalur masuk ini dibuka untuk memungkiknkan masyarakat tidak mampu yang punya kemampuan akademik baik, termasuk juga para atlet nasional dan pelajar berprestasi lainnya, bisa punya kesempatan masuk ke UI dengan lebih mudah.
Pada tahun ini, UI membuka jalur khusus berprestasi buat pelajar yang berprestasi di olimpiade sains tingkat nasional dan internasional, atlet nasional, ataupun pelajar yang berprestasi di bidang seni. "Mereka ini bisa masuk ke UI tanpa tes sepanjang bisa membuktikan presasi di tingkat nasional ataupun internasional yang mereka raih. Mereka hanya dites minatnya supaya tidak gagal saat kuliah," kata Gumilar. Selama menjalani kuliah, mereka bisa mendapatkan beasiswa yang tersedia di kampus UI.
LES PRIVAT SD SMP SMA / INTENSIF UAN & SNMPTN / SUPERCAMP SIMAK UI