Bagaimana Persiapan UN Anda ?

LES PRIVAT bpUI- Sekitar lima atau enam bulan lagi, siswa SMP/MTs dan SMA/MAN akan menempuh Ujian Nasional 2011/2012. Berkaitan dengan hal ini tentu saja persiapan telah dilakukan. Sejak sebulan yang lalu, banyak satuan pendidikan yang mencoba mempersiapkan anak didiknya agar dapat lulus UN dengan nilai memuaskan. Biasanya, pihak sekolah mengadakan tambahan jam belajar pada sore hari. Sangat tepat, menurut saya, penambahan jam belajar itu untuk belajar mengerjakan soal-soal yang berstandar nasional. Mengapa? Dengan banyak mengerjakan soal-soal, khususnya yang berstandar ujian nasional, para siswa menjadi terbiasa mengerjakan soal-soal seperti itu. Misalnya dengan mengerjakan soal-soal UN tahun lalu. Banyak cara untuk mendapatkan soal-soal seperti itu di google, tinggal ketikkan kata kunci “soal-soal UN” segera google akan memberitahu Anda alamat yang harus dituju. Apalagi sekarang pemerintah sudah menyertakan KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2011/2012, yang bisa di-download diberbagai situs web atau blog pendidikan. Mestinya, bapak atau ibu guru dapat memanfaatkan kisi-kisi tersebut untuk men-drill soal-soal kepada anak didiknya. Mengapa? Sangat jelas bahwa BSNP akan membuat soal-soal UN dengan mengaju kisi-kisi tersebut. Pengalaman penulis, yang waktu itu mencermati UASBN untuk SD, soal-soal yang keluar di UASBN tidak lepas dari kisi-kisi yang dibuat oleh pusat. Bahkan beberapa blog juga menyediakan prediksi soal-soal UN 2011/2012. Silakan Anda berselancar di blog ini (walaupun hanya beberapa mapel) atau blog-blog lainnya, Anda tinggal menulis kata kunci “soal-soal prediksi UN 2012” segera google akan memberitahu Anda alamat yang harus dituju.

Jika Anda (para guru dan siswa) kurang mendapatkan bahan berlatih untuk menghadapi UN, banyak penerbit yang menyediakan buku-buku latihan Ujian Nasional. Misalnya Detik-Detik Ujian Nasional yang diterbitkan oleh PT Intan Pariwara (maaf tidak bermaksud iklan). Menurut pengamatan saya, soal-soal yang disajikan sesuai dengan kisi-kisi UN 2011/2012. Dari produk yang saya beli kemudian saya coba cross cek dengan kisi-kisi UN 2011/2012, benar-benar soal yang disajikan sesuai kisi-kisi. Ada kelebihan lain dari penerbit yang ada di Klaten ini, yaitu untuk produk Detik SMP dan SMA dilengkapi dengan software untuk mengevaluasi pelaksanaan TRY OUT dari buku yang diterbitkannya. Software ini sangat berguna bagi bapak/ibu guru dalam mengevalusi pelaksanaan try out menggunakan soal-soal yang disajikan dalam buku tersebut.
Mari, mumpung masih ada waktu siapkan diri anak didik Anda (bagi para guru) dan Anda (siswa-siswi agar) agar menuai sukses UN 2011/2012. Ingat, sampai saat ini Nilai Hasil Ujian Nasional masih mempunyai arti penting.
LES PRIVAT bpUI / LES PRIVAT SD SMP SMA / LES PRIVAT INTENSIF UAN & SNMPTN / SUPERCAMP SIMAK UI