Ambil Jurusan Apa Ya di Perguruan Tinggi ?


 Les Privat bpUI- Pilihan mengenai konsentrasi studi yang diambil tergantung pada minat masing-masing individu. Minat akan sangat menentukan keberhasilan. Sebab, rahasia dibalik kebahagiaan adalah mampu mencintai apapun yang dilakukan dalam hidup. Jadi, apa yang harus dilakukan agar mampu menentukan pilihan studi yang sesuai minat dan kesenangan?
Yang pasti, temukan konsentrasi studi yang tepat, universitas yang tepat, dan Anda akan terinspirasi untuk meraih kesuksesan.

1. Apa yang benar-benar Anda minati?  
Poinnya, bukan mengenai dalam hal apa Anda dapat menghasilkan sesuatu yang baik, tetapi apakah Anda senang melakukannya? Anda mungkin saja bagus dalam pelajaran Matematika, tetapi Anda memilih untuk menghabiskan akhir pekan dengan mengutak-atik komputer tua. Maka, spesifikkan minat Anda.
2. Mengapa?
Merupakan hal yang penting untuk berpikir mengapa Anda tertarik pada sebuah bidang studi. Apakah karena Anda menyenanginya atau bayangan akan masa depan yang cerah? Atau, jangan-jangan hanya karena memenuhi keinginan orangtua? Dengan mempertanyakannya kepada diri sendiri, Anda akan lebih dapat memutuskan mana yang akan Anda pilih.
3. Di mana Anda akan menempuh pendidikan?
Ada dua hal terkait hal ini. Di mana negara terbaik untuk mengambil spesialisasi studi tertentu? Mungkin negara yang kuat secara jaringan dan menawarkan kesempatan kerja setelah lulus dalam bidang industri terkait, atau kota yang memiliki akses terhadap sumber daya tertentu.
Atau, hal lain yang bisa jadi pertimbangan adalah, di belahan dunia mana yang menurut Anda akan membuat diri Anda senang berada di sana selama beberapa tahun? Ini adalah kesempatan untuk belajar bahasa atau menyerap budaya baru, membuat jalinan pertemanan, dan pengalaman yang berbeda dalam hidup. Jika Anda senang dalam menjalani keseharian, pasti Anda juga akan  menyenangi kegiatan studi yang Anda lakoni di tempat tersebut.

4. Berpikir realistis

Ketika Anda telah menemukan apa yang menjadi impian Anda, yakinlah bahwa hal itu realistis untuk diwujudkan. Termasuk dalam pilihan studi. Misalnya, apakah bisa memenuhi biaya penerbangan, biaya kuliah, dan biaya hidup? Jika tidak, maka Anda bisa memikirkan hal lainnya, yaitu mencari beasiswa untuk mendapatkan sejumlah bantuan pembiayaan.
5. Lakukan penelitian
Anda perlu mempertajam seluruh pilihan secara nyata. Hal ini pasti membutuhkan sejumlah kajian atau penelitian. Misal mencari informasi secara online, membaca blog para pelajar yang bisa jadi berisi banyak informasi, dan jika memungkinkan cobalah berdiskusi, meminta testimoni kepada mereka yang belajar di negara atau kota yang dituju untuk mengetahuinya secara nyata.

6. Apa hal yang penting bagi Anda?

Selama melakukan observasi dengan menelaah dari berbagai sumber, Anda akan punya pandangan lain dalam menilai sebuah universitas. Buatlah daftar pendek terkait tiga poin utama yang Anda cari. Bisa saja dari sisi ranking sekolah atau prestise, fasilitas penelitian, pengalaman praktis, biaya perkuliahan, layanan pendukung siswa, keamanan, kehidupan sosial, kesempatan untuk berpetualang. Ada banyak variabel. Mana hal yang tepat bagi Anda?
7. Bagaimana cara Anda menyenangi belajar?
Beberapa orang lebih menyukai ujian akhir, ada pula yang menyukai tugas-tugas reguler karena membuat mereka sibuk sepanjang tahun. Ada yang menyukai teori, yang lainnya menyenangi praktik. Di sisi lain, ada yang senang bekerja secara kelompok, ada yang suka bekerja sendiri. Beberapa menyenangi menyampaikan tugas mereka secara verbal, yang lainnya lebih suka kalau menuliskan laporkan.
Nah, pilihlah mana yang cocok untuk Anda dan akan menambah kepercayaan diri untuk meraih kesuksesan. Atau, jika ingin tantangan, cobalah hal baru dalam belajar yang bisa membawamu keluar dari zona nyaman.

8. Lihat prospek karir ke depan

Belajar ke luar negeri bisa jadi sangat mahal. Jadi, berpikirlah bahwa ini akan menjadi investasi masa depan. Artinya, ini terkait dengan karir dan gaji Anda jika sudah terjun ke dunia kerja. Temukan pelajar internasional lulusan universitas tempat Anda belajar yang telah bekerja setelah menamatkan studinya atau carilah peluang bertemu dengan pelaku industri semasa Anda masih kuliah.
9. Fokus
Setiap bidang yang dipilih menawarkan hal yang berbeda. Ada baiknya, mengetahui secara spesifik keunggulan yang dimiliki.
10. Anda dapat mengubah pilihan
Ini adalah keputusan yang penting. Tetapi, jika Anda telah menemukannya dan menyadari bahwa Anda telah membuat kesalahan, belum terlambat untuk mengubahnya. Bicarakan kepada konselor di kampus, dan lihat jika ada pilihan yang lebih baik untuk Anda di sana. Jangan buang lima tahun hidup Anda untuk menjalani sesuatu yang tidak Anda senangi.
Ingatlah, memilih studi juga tentang minat dan hasrat Anda, dan kesuksesan akan menanti!


Les Privat SD SMP SMA / Intensif UAN & SNMPTN / Supercamp SIMAK UI /Guru Les Privat