UI Studentpreneurs Academy 2011



banner suma 1Les Privat bpUI-Jiwa kewirausahaan dikalangan pelajar dan mahasiswa merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi sebuah negara dalam memasuki era perdagangan bebas. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang menatap era perdagangan bebas, masih membutuhkan wirausahawan muda dalam jumlah yang sangat banyak, agar nantinya negara ini tidak kalah saing dalam dunia perdagangan tanpa batas ini.

UI Studentpreneurs Academy 2011 merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan kemampuan kewirausahaan mahasiswa dan bahkan memberikan kesempatan langsung untuk mempraktekan sendiri kemampuan wirausaha para pesertanya. Rangkaian acara UI Studentpreneurs Academy 2011 adalah acara enterpreneurs terbesar di Universitas Indonesia yang merupakan kompetisi individual bagi orang-orang yang justru belum pernah berbisnis, untuk belajar menjadi pengusaha-pengusaha baru. Dengan bimbingan langsung dari Rhenald Kasali, UKM Center FEUI, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), acara ini merupakan kompetisi yang berbeda dengan kompetisi business plan yang lain, karena acara ini mempertandingkan karakteristik dan jiwa kewirausahaan ratusan peserta yang berasal dari 13 fakultas di Universitas Indonesia dan hanya meloloskan 25 orang terbaik untuk mengikuti training serta grand competition yang akan diisi oleh pengusaha-pengusaha kaliber nasional yang tidak diragukan lagi kemampuannya.
Selain itu, peserta akan dinobatkan menjadi angkatan pertama komunitas Studentpreneurs Universitas Indonesia, yang akan dibina langsung oleh para stakeholder dan jaringan pengusaha nasional serta menjadi pelopor bagi komunitas kewirausahaan di Universitas Indonesia. Terlebih lagi, bagi peserta yang lolos ke babak final dan menjadi juara, akan langsung mendapatkan gadget, perlengkapan untuk memulai usaha, dan modal usaha awal untuk memulai usaha secara mandiri.
Pendaftaran UI Studentpreneurs Academy 2011 dibuka sejak tanggal 1-31 Juli 2011, dengan dua kali sistem seleksi. Seleksi pertama adalah seleksi kelengkapan berkas, dimana para  peserta harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1. Mahasiswa Universitas Indonesia aktif, S1 maupun D3
2. Tidak memiliki bisnis lebih dari 6 bulan
3. Melengkapi berkas pada website www.uistudentpreneurs.com, berupa:
  • Formulir pendaftaran
  • Curriculum Vitae
  • Essay dengan tema “Mengapa saya harus menjadi Studentpreneur dan apa ide bisnis yang akan saya jalankan”

Nama-nama peserta yang lolos seleksi pertama, akan dilakukan pada tanggal 8 September 2011 melalui website dan kontak pribadi.
Seleksi kedua adalah seleksi dalam format focus group discussion yang diadakan pada tanggal 17 September 2011. Syarat yang berlaku bagi seleksi kedua adalah, peserta harus lolos seleksi pertama dan melengkapi biaya seleksi sebesar Rp. 50.000,-. Apabila peserta tidak mengikuti seluruh rangkaian acara seleksi kedua ataupun tidak melengkapi biaya seleksi tanpa komunikasi dengan panitia akan digugurkan.
Pengumuman peserta yang lolos seleksi kedua akan dilakukan pada tanggal 19 September 2011 melalui baliho, website, dan kontak pribadi.
Selanjutnya, 25 peserta yang lolos kedua tahap seleksi akan mengikuti training dan grand competition. Rangkaian acara training yang diberikan mencakup lima sesi dengan rincian:
  • Session 1: Three Days Studentpreneurs Camp with Rumah Perubahan Rhenald Kasali.
  • Session 2: How to make an Incredible Idea
  • Session 3: Structuring business Plan
  • Session 4: Company visit
  • Session 5: Sharing Experience with the expert

Grand competition akan dilakukan pada tanggal 21 dan 22 November 2011, dengan mengkompetisikan business case. Akan didapatkan tiga business case terbaik yang berkesempatan dipresentasikan di kompetisi final pada tanggal 22 November 2011, hingga didapatkan pemenang dari kompetisi UI Studentpreneurs Academy 2011.
Pada akhir acara, akan dideklarasikan suatu Studentpreneurs Community dengan anggota utama yang terdiri dari 25 peserta academy dan 15 peserta expo. Mereka akan menjadi pilar utama penggerak komunitas bisnis pertama di Universitas Indonesia, yang akan dibina oleh banyak stakeholder seperti Rumah Perubahan, UKM Centre FEUI, DKIB UI, HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), serta banyak instansi terkait.
Karena kemampuan para wirausahawan muda adalah salah satu potret masa depan negara ini, dan masa depan tidak dimulai dari seorang pencari kerja, tetapi seorang pembuat lapangan pekerjaan! Jadilah 25 Studentpreneurs terbaik Universitas Indonesia!