Mahasiswa UI Juara Asia-Pasifik




Les Privat bpUI— Mahasiswa Universitas Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga dalam ajang kompetisi penelitian mahasiwa ke-38 yang digelar Dental Students Association (APDSA) Asia-Pasifik. Adapun juara pertama diraih mahasiswa dari Universitas Nasional Singapura.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Bangkok, Thailand, pada Agustus ini, posisi juara dua diraih Arya Sulaeman, Debby Sarita, Patricia RS, dan Emerita Dian H.
Mereka mempresentasikan soal manfaat ekstrak teh putih menurunkan kelangsungan hidup sel tumor dalam mulut. Kelompok lainnya, yang terdiri dari Diananda, Stephanie Zabrina, Jessica Anggono, dan Purwita Nurwidyastuti, berhasil merebut juara ketiga dengan penelitian soal pengaruh obat kumur temulawak pada risiko karies.

Kompetisi ini merupakan kompetisi riset yang khusus ditujukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran gigi yang diprakarsai APDSA yang memiliki 13 negara anggota. Ada 47 universitas yang tergabung dalam asosiasi tersebut.

Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi Indonesia juga turut serta, yakni Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Hang Tuah, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Moestopo, dan Universitas Trisakti.