Homecoming Day FIK UI Ajang Pembangun Inspirasi



posterLes Privat bpUI-Homecoming Day FIK UI tak hanya menjadi sebuah acara yang mempertemukan alumni FIK UI dan mahasiswa/i FIK UI. Homecoming Day memberi banyak inspirasi jauh lebih banyak kepada mahasiswa/i FIK UI yang tengah menempuh pendidikannya di fakultas tersebut.
FIK UI melakukan terobosan baru dengan melaksanakan Homecoming Day tingkat Fakultas untuk pertama kalinya pada hari Sabtu (04/06). Acara yang dihadiri oleh 50-60 orang alumni FIK UI ini dilaksanakan di Lapangan FIK UI. Selain temu alumni, acara ini juga sebelumnya diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang sangat menarik.

“Sebelum temu alumni yang resmi, sebelumnya para peserta Homecoming Day melaksanakan Fun Bike dari pukul 07.00 sampai 09.00”, ungkap PO acara Homecoming Day, Ajeng Annastasia (FIK 2008).
Acara Homecoming Day yang dilaksanakan juga diisi dengan talkshow dari Rita Sekarsari, S. Kp., CVRN., MHSM., Harif Fadillah, S. Kp., SH, Dadang, S.S. Kp., WOCN, Fitri Purwanto, S. Kp., MM, Masfuri, S. Kp, MN. Dalam talkshow ini dibahas bahwa profesi seorang perawat tak hanya sebatas merawat dan senantiasa di bawah pengaruh orang lain. Perawat sendiri dapat membuka tempat perawatan mandiri yang mana dengan adanya kegiatan ini perawat dapat lebih mandiri dalam menjalani profesinya. Selain itu, para pembicara yang juga merupakan alumni FIK UI sendiri juga memberikan pandangan yang lebih luas kepada adik-adiknya bagaimana kondisi kehidupan perawat di masa kini. Selain talkshow, acara ini mengandung banyak nilai motivasi yang ditujukan kepada mahasiswa/i FIK UI yang tengah menjalani masa pendidikannya.
Selain talkshow, ada juga bazaar dan donor darah yang dilaksanakan di sekitar area Homecoming Day dilakukan. Menurut pengunjung yang datang pada acara ini, Homecoming Day member banyak nilai positif kepada setiap orang. Seperti pengakuan salah seorang mahasiswi FIK UI 2009, Ushal Imami Fadhila, acara Homecoming Day memberi banyak motivasi baginya. Di dalam acara ini mereka (mahasiswa dan alumni) dapat saling bertukar pikiran mengenai kondisi perawat dan apa saja yang berkaitan dengan dunia keperawatan.
Setali tiga uang dengan yang diungkapkan Ushal, Ade Aryanie, S. Kp, alumni FIK angkatan 1990 juga sependapat bahwa acara-acara seperti Homecoming Day sangat ditunggu-tunggu oleh para alumni sejak dulu. Selain menjadi ajang bertemu kembali, acara Homecoming Day dapat dijadikan sebagai ajang pembangun motivasi adik-adik mereka dalam menempuh pendidikan selanjutnya dan menjalani kehidupan yang lebih realistis nantinya.