BMW Indonesia Research and Technlogy Scholarship

Les Privat bpUI
-Universitas Indonesia (UI), sebagai Universitas yang memiliki misi untuk menjadi universitas riset kelas dunia, telah melakukan berbagai upaya simultan demi pencapaian misi tersebut, baik dalam hal penemuan, pengembangan, maupun difusi pengetahuan secara regional dan global di bidang akademik dan aktifitas penelitian dalam sejumlah ilmu yang terdapat di dalam ruang lingkupnya.
Dalam usaha pencapaiannya, BMW group Indonesia, sebagai salah satu perusahaan otomotif multinasional yang juga peduli terhadap perkembangan riset di Indonesia, meluncurkan program pemberian beasiswa untuk UI “BMW Indonesia Research and Technology scholarship” pada hari Rabu(03/08)di Kampus Depok. Program tersebut diprakarsai dalam rangka peringatan HUT ke-66 Kemerdekaan RI dan satu dekade berdirinya BMW Group di Indonesia.
Acara peluncuran program beasiswa tersebut diumumkan oleh Rektor UI, Prof. Dr. der soz. Gumilar Rusliwa Somantri dan Presiden Direktur BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan. “Program beasiswa ini adalah solusi bagi masalah pendidikan tinggi, terutama bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi tanpa harus menghadapi masalah biaya. Disamping itu, pendidikan di Indonesia akan semakin maju dengan adanya kerjasama dengan universitas, industri, dan masyarakat,” ujar Prof. Dr. der soz. Gumilar Rusliwa Somantri dalam sambutannya.
Pemberian program beasiswa melalui BMW Indonesia Research and Technology scholarship ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara UI dan BMW Group Indonesia. Program ini memberikan dukungan beasiswa penuh kepada lima mahasiswa pascasarjana UIyang berprestasi. Kelima mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Program Studi Fisika, Fakultas Teknik (FT) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Hukum (FH), Program Studi Ilmu Hukum, serta Fakultas Ekonomi (FE), Program Studi Ilmu Ekonomi. Pemberian beasiswa mencakup biaya kuliah serta buku dan dana riset selama 4 semester dengan total mencapai 350 juta rupiah. Selain dukungan finansial, BMW Indonesia akan mengintegrasikan mahasiswa pascasarjana ke dalam perusahaan dalam bentuk internship, workshop, mentoring, dan networking. Selain membantu para penerima beasiswa mempelajari langsung budaya dan filosofi perusahaan multinasional kelas dunia, kegiatan ini juga membantu merumuskan tujuan dan secara bertahap menyiapkan diri serta membangun rasa percaya diri mereka untuk menjadi pemimpin di masa yang akan mendatang.
“Dengan bangga Kami perkenalkan program beasiswa melalui kerjasama dengan perguruan tinggi yang prestisius di Indonesia. BMW adalah satu-satunya perusahaan otomotif di Indonesia yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa pascasarjana. Kami ingin sekali mendukung para pemimpin muda yang inovatif yang tak hanya berprestasi di skala nasional, tapi juga memiliki rasa percaya diri serta keahlian yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global,” ujar Ramesh Divyanathan.